Blog

Article

Fungsi dan Berbagai Macam Jenis Trafo

Di elektronika kita tidak asing dengan transformator atau trafo, fungsi trafo itu sendiri adalah suatu alat listik yang berguna untuk mengubah atau menjadikan energi listrik ke arus DC ke arus AC. Trafo biasanya bekerja pada pada prinsip elektromagnetik dan dapat bekerja pada arus yang bolak – balik (AC).

Trafo merupakan komponen paling utama dalam dunia kelistikan untuk menghantarkan listik dari pembangkit PLN yang besaran dayanya bisa mencapai ratusan kilo volt untuk kemudian di salurkan ke tower –tower yang ada kemudian akan di salurkan kembali melalui trafo yang akan di perlukan di setiap rumah.

Sumber gambar : www.insinyoer.com

Jenis-Jenis Trafo/Transformator

Pada trafo yang kita temui umumnya memiliki 2 kumparan kawat yaitu kumparan primer dan sekunder, sedangkan pada tengah trafo disebut inti trafo. Berikut ini jenis-jenis trafo atau transformator yang harus anda ketahui :

1. Transformator Step Up

Sumber gambar : www.skemaku.com

Trafo ini mempunyai lilitan sekunder yang banyak jika di bandingkan dengan lilitan pada primer, trafo ini dapat menaikkan tegangan, biasanya trafo ini dapat untuk pembangkit listrik untuk menaikan tegangan.

2. Transformator Step Down

Sumber gambar : www.skemaku.com

Trafo ini hanya mempunyai jumlah lilitan sekunder yang sedikit dari jumlah lilitan primernya, dan mempunyai fungsi untuk penurun pada tegangan.

3. Transformator AutoTransformator

Sumber gambar : www.wikipedia.com

Jenis trafo ini hanya memiliki satu jumlah lilitan, dalam trafo ini sebagian lilitan primer di sebut juga sebagai lilitan sekunder. Dalam lilitan arus sekunder selalu menghadap ke arus primer. Menggunakan trafo ini mempunyai keuntungan karna mempunyai bentuk yang kecil dan performa yang dihasilkan lebih bagus dari pada yang mempunyai jumlah dua lilitan.

4. Transformator Autotransformator Variabel

Sumber gambar : www.wikiwand.com

Trafo jenis ini pada bagian tengahnya dapat diubah yang memungkinkan perubahan pada bagian lilitan primer dan sekundernya.

5. Transformator Isolasi

Sumber gambar :www.teknisielektronika.blogspot.com

Pada Trafo ini jumlah lilitan primer dan sekunder mempunyai jumlah yang sama, dan mempunyai tegangan primer dan sekunder yang sama pula.

6. Transformator Pulsa

Trafo ini sebenarnya dirancang untuk menghasilkan gelombang atau getaran pulsa, trafo ini biasa menggunakan bahan yang cepat naik sehingga ketika pada titik tertentu arus primer yang di trafo ini akan menghasilkan fluks magnet.

7. Transformator Tiga Fase

Trafo jenis biasa pada elektonika dihubungkan secara bersamaan untuk bekerja dengan arus primer dan sekundernya, biasanya lambang pada arus primer adalah (Y) dan arus pada sekundernya ( Δ ).

Semua jenis trafo diatas digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Semoga dengan pembahasan fungsi dan jenis trafo ini dapat menambah wawasan anda seputar dunia kelistrikan.

Leave your thought here